Assalamualaikum Wr Wb

Hehe. Bersama lagi dengan saya, Rika Setiani. Jangan Pernah bosan dengan blog saya. Diharapkan bagi para pembaca, comment please hehe. Suggestion, Critical, or others, I really need 🙂

Nah, ini tugas saya waktu saya di Semester 2 di mata kuliah Bermain dan Permainan. langsung saja di check. boleh di download. Kalau mau download langsung di link di bawah ini

MAKALAH Permainan Baru Kognitif Motorik

Kalau tidak bisa di download, lewat 4shared aja, ini linknya

http://www.4shared.com/file/I-t5ElaGba/MAKALAH_Permainan_Baru_Kogniti.html

Bagi yang sungguh sangat tidak mau untuk mendownload wkwk, saya share langsung disini. Namun, saya harap para pembaca dapat mendownload link di atas, selain bisa di baca berulang ulang di PC, bisa juga buat kenang kenangan wkwk. langsung saja

eiitsssss, jangan lupa komeng nya gan. Maksud ane KOMEN wkwk maaf typo, khilaf haha



PERMAINAN BARU

Disusun sebagai salah satu syarat mata kuliah Bermain dan Permainan

Dosen Pembimbing:

Febru Puji Astuti, S.Pd

Dra. Sri Purwaningsih, M.Pd

 

 

 

 

Disusun Oleh :

Rika Setiani   14.0304.0027

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PGPAUD S-1

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG

2015


 


MENCARI DAN MEMASANGKAN HURUF PADA GAMBAR

 

 

  1. Tujuan :
    1. Melatih Motorik Anak
    2. Melatih Kognitif Anak
  1. Alat dan Bahan :
    1. Kertas Asturo yang sudah dibentuk atau ditempel dengan berbagai huruf dan hewan
    2. Selotip
    3. Papan tulis / Media untuk menempelkan
  1. Apa Yang Harus Dilakukan
    1. Anak dibagi menjadi 5 kelompok, dengan masing masing kelompok terdiri dari 4 orang
    2. Sebelum memulai permainan, guru mengulang kembali tentang merangkai huruf huruf hewan dan anak dilatih menyebutkan nama hewan beserta hurufnya, setelah itu guru menjelaskan tentang peraturan permainannya
    3. Berbagai huruf dari a – z telah disebar oleh guru di seluruh ruangan (ditempel di tembok ataupun yang lain)
    4. Setelah semuanya siap, guru menempelkan gambar hewan di papan tulis, dan 2 anak langsung berlari mencari huruf dan 2 anak lainnya menunggu di papan tulis untuk merangkai. Anak dapat berembug dulu apa huruf perangkainya, ataupun bila yang sudah bisa langsung mencari ke belakang
    5. Diteruskan sampai gambar yang dibawa oleh guru habis.
  1. Kegiatan Tambahan
    1. Setelah permainan selesai, ada baiknya guru memberikan pengetahuan tentang hewan hewan yang tadi telah di tempel di papan tulis, seperti bentuknya, warnanya, bulunya, jenis makanannya, dan lain lain.

DAFTAR PUSTAKA

 

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Madyawati, Lilis. 2012. Permainan dan Bermain 1. Jakarta: PRENADA.

Brain Power. 2006. Permainan Kreatif Berbasis Topik. Jakarta: Erlangga For Kids.

Brain Power. 2006. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Jakarta: Erlangga For Kids.